Waspada Bahaya Batuk Rejan Pada Anak

January 15, 2019 | By siti | Filed in: Uncategorized.

Batuk rejan atau yang biasa dikenal batuk 100 hari adalah infeksi bakteri yang menimbulkan inflamasi pada paru-paru dan saluran pernapasan. Bakteri dari penyakit yang istilah medisnya adalah pertusis ini juga bisa menginfeksi trakea, yang menyebabkan batuk parah.

Mau tau seperti apa gejalanya?

Batuk rejan sering kali diawali dengan gejala yang mirip demam atau flu, misalnya bersin, hidung berlendir, dan batuk ringan. Gejala-gejala tersebut biasanya berlangsung hingga 2 minggu, sebelum gejala batuk yang lebih parah muncul.

Anak yang terkena batuk rejan biasanya bisa batuk selama 20–30 detik tanpa henti, kemudian kesulitan untuk menarik napas sebelum batuk-batuknya kembali. Selama batuk-batuk, yang cenderung terjadi di malam hari, bibir dan kuku anak biasanya berubah menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen. Anak juga bisa batuk hingga memuntahkan lendir yang tebal.

Gejala Batuk Rejan

Umumnya, gejala batuk rejan akan muncul antara 7-21 hari usai bakteri Bordetella pertussis masuk dalam saluran pernapasan seseorang. Perkembangan gejala batuk rejan ada tiga tahapan, terutama pada bayi dan anak kecil, yaitu:

  • Tahap pertama (masa gejala awal). Tahap ini ditandai dengan munculnya gejala-gejala ringan, seperti hidung berair dan tersumbat, bersin-bersin, mata berair, radang tenggorokan, batuk ringan, hingga demam. Tahap ini bisa berlangsung hingga dua minggu, dan di tahap inilah penderita berisiko menularkan batuk rejan ke orang di sekelilingnya.
  • Tahap kedua (masa paroksismal). Tahap ini ditandai dengan meredanya semua gejala-gejala flu, namun batuk justru bertambah parah dan tidak terkontrol. Di tahap inilah terjadi batuk keras secara terus-menerus yang diawali tarikan napas panjang lewat mulut (whoop). Usai serangan batuk, penderita bisa mengalami muntah, umumnya pada bayi dan anak-anak, serta kelelahan. Tahap ini bisa berlangsung dua hingga empat minggu atau lebih.
  • Tahap ketiga (masa penyembuhan). Di tahap ini, tubuh penderita mulai membaik. Meski demikian, gejala batuk rejan bisa tetap ada atau bahkan lebih keras. Tahap pemulihan ini bisa berlangsung hingga dua bulan atau lebih, tergantung dari pengobatan.

Bahaya Batuk Rejan pada Bayi

Penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya pada anak di bawah 1 tahun, terutama yang lebih rentan terkena komplikasi, seperti pneumonia, kerusakan otak, hingga kematian.

Penyakit ini dapat mengancam nyawa bila terjadi pada lansia dan anak-anak, khususnya bayi yang belum cukup umur untuk mendapat vaksin pertusis. Seseorang bisa menderita batuk rejan hingga tiga bulan lamanya, sehingga penyakit ini juga biasa disebut “batuk seratus hari”.

Batuk rejan bisa membuat penderita kekurangan oksigen dalam darahnya. Selain itu dapat terjadi berbagai komplikasi, misalnya pneumonia. Bahkan pada beberapa kasus, tulang rusuk penderita mengalami luka akibat batuk yang sangat keras. Bakteri penyebab batuk rejan biasanya menyebar melalui cairan yang keluar saat penderita batuk atau bersin.

Penyebab Batuk Rejan

Bakteri Bordetella pertussis yang menyebar melalui udara adalah penyebab terjadinya batuk rejan pada seseorang. Bakteri ini masuk dan kemudian menyerang dinding saluran napas penderita dan melepaskan racun.

Pembengkakan saluran napas adalah salah satu cara tubuh bereaksi terhadap racun yang dilepaskan bakteri. Saluran napas yang membengkak bisa membuat penderita harus menarik napas dengan kuat melalui mulut karena kesulitan bernapas. Hasil tarikan napas yang kuat inilah yang memunculkan bunyi dengkingan (whoop) yang panjang. Cara lain yang akan dilakukan tubuh saat bakteri menginfeksi dinding saluran napas adalah dengan memproduksi lendir kental, kemudian saluran pernapasan merespon untuk mencoba mengeluarkan lendir kental tersebut dengan batuk.

Berbahaya jika

  • Napas tersengal-sengal.
  • Dehidrasi dan penurunan berat badan akibat muntah secara berlebihan.
  • Pneumonia.
  • Tekanan darah rendah.
  • Mengalami kejang-kejang.
  • Kerusakan otak karena kurangnya pasokan oksigen menuju ke otak.
  • Gagal ginjal.

Batuk rejan terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk. Ada beberapa macam penyebab batuk rejan :

  • Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  • Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.
  • Asma.
  • Infeksi sinus atau allergic rhinitis.
  • Infeksi virus (batuk yang bertahan beberapa pekan).
  • Infeksi bakteri yang menyerang saluran pernapasan bawah.
  • Tersedak benda asing (makanan atau mainan).
  • Kebiasaan, sering terjadi setelah terkena infeksi yang menyebabkan batuk.
  • Iritasi akibat beberapa pemicu, seperti asap rokok, polusi dan gas buang kendaraan bermotor.

Pantangan Makanan Batuk rejan.

Untuk menadapat penyembuhan secara maksimal pada penderita batuk rejan tentu bisa dilakukan dengan menghindarkan makanan yang dapat memberikan evek yang lebih buruk. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari antara lain: Makanan yang mengandung gula pasir, pemanis buatan, dan gorengan atau yang mengandung minyak.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi batuk rejan pada anak?

Teripang emas memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan salah satunya direkomendasikan untuk membantu mengobati berbagai penyakit baik itu penyakit kronis maupun penyakit non kronis termasuk masalah kulit. Dibuat oleh pada ahli menggunakan herbal berkhasiat, bisa lebih memudahkan bagi pengobatan di rumah. Tanpa kandungan kimia sedikitpun dan tanpa tindakan medis jadi lebih alami dan insyaalloh aman. Produk dalam negri sudah terdaftar di MUI dan BPOM.

Detail produk >>

MG-QNC

Isi : 300ml.
Harga : Rp.155.000,- (Belum Termasuk Ongkos Kirim)
Legalitas : BPOM TR dan (HALAL-MUI)
Aturan Minum : 3 x 2 sendok Sehari (Jika Belum Ada Perubahan, Dosis Bisa Ditingkatkan) Untuk anak dosis bisa disesuaikan atau bisa kosultasi via chat

TESTIMONI

Tertarik dengan produk kami yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit? Obati penyakit anda secara tuntas dan alami menggunakan herbal kami sekarang juga.

Buktikan sendiri khasiatnya

Pesan 1-2 Botol Hari Ini Bisa Kirim Barang Dulu, Setelah Barang Sampai Baru Bayar (Syarat & Ket. Tetap Berlaku)

Hanya untuk PEMESAN HARI INI SAJA !!

Siapa cepat dia dapat, stok TERBATAS

Sms sekarang JUGA dan rasakan khasiat yang terkandung didalamnya

Jangan takut belanja online

1.GARANSI: Uang kembali 100% Jika obat pesanan anda tidak sampai/ rusak.
2.BAYAR setelah barang di terima*
3.HEMAT ONGKOS KIRIM
4.JAMINAN ASLI.

Segera atasi dengan herbal herbal sekarang juga

MULAI DARI 4 BOTOL KE ATAS DAPAT DISCOUNT

Untuk hasil/ kesembuhan setiap orang berbeda tergantung kecocokan dan penyakit yang di derita. Kalau cocok jika termasuk kedalam penyakit berat mungkin memerlukan waktu dan konsumsi rutin sampai mendapatkan hasil maksimal.

Saat mengkonsumsi Q N C Jelly Gamat bisa dipadukan dengan obat dokter (kasi jeda 2 jam). Dan konsumsi bisa dihentikan jika sudah di nyatakan sembuh total. Itulah mengapa Q n C ini tidak menyebabkan ketergantungan, karena didalamnya terkandung ekstrak teripang emas berkhasiat, dengan perpaduan herbal lainnya: Sweetener Stevia (spesies tanaman pemanis dan gula alami), Air RO (olahan agar menjadi air sehat), Pengemulsi Nabati, Ekstrak Buah dan Sayur.

Kalau cocok minum beberapa hari sudah ada hasil dan perubahan, konsumsi dilanjutkan sampai sembuh total. Karena pengobatan dengan obat herbal tanpa bahan kimia, jadi lebih alami dan tanpa tindakan medis juga.

Cara mendapatkan produk yang asli original hanya ada di Tokomisi.com (agen resmi) yang berlokasi di tasikmalaya jawa barat

KETIK SAJA >>

MG-QNC : Jumlah Pesan : Nama : Alamat Lengkap sesuai KTP : Nomor HP

Contoh Pemesanan 5 Botol :

MG-QNC : 5 botol : Rissa ulfah : Jl. Mawar kel. Setiaraya Kec. cilembang Kota Bandung : 085223169***

KIRIM ke >> 0812-2336-6267


*Untuk diluar pulau Jawa bisa bayar setengahnya dulu, setelah barang sampai baru dilunasi sisanya.
Pesan banyak makin HEMAT dan khasiat yang dirasakan bisa lebih maksimal.
Sebelum konsumsi baca aturan pakai.

PENTING !!!

  1. Untuk diluar daerah Jawa, diharuskan bayar dulu setengahnya, sisanya dapat dilunasi setelah barang sampai. Jangan ragu berbelanja di toko kami, sebab Anda bisa menCEK sendiri status pengiriman obat Anda di jasa pengiriman barang : http://www.jne.co.id
  2. Apabila dalam waktu 3 hari setelah barang diterima belum melakukan transfer pembayarannya, maka akan dikenai SANKSI Pasal 5 BAB III No. 8 Th. 1999 mengenai tuntutan hukum pidana dan dendaan atas pelanggaran tidak memenuhi kewajiban konsumen. Disamping itu, kami juga akan mencantumkan NAMA, ALAMAT LENGKAP, serta NO. HP ANDA kedalam daftar ~Orang tidak mau BAYAR~ di 100 website resmi kami.

Setelah mengirimkan sms pemesanan, nanti kami akan balas dengan total harga dan nomor rekening atas nama Rubi Andriani.

Nomor rekening atas nama Rubi Andriani dan jangan transfer ke nomor rekening lain selain ke nomor rekening yang ada dibawah ini.

BCA Tasikmalaya
No. Rekening : 0540659508
Atas nama : Rubi Andriani

Bank Mandiri Tasikmalaya Sutisna Senjaya
No. Rekening : 1310010423566

Atas nama : Rubi Andriani

BRI Tasikmalaya
No. Rekening : 010001064053502
Atas nama : Rubi Andriani


Terimakasih telah membaca sampai akhir

Toko Misi Herbal beralamat di Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Jika ada yang belum dimengerti, boleh tanyakan ke:

  • 085314197007
  • Kontak kami bisa disimpan apabila Anda ingin berkonsultasi dan memesan produk herbal yang kami jual

Baca juga : artikel sebelumnya

By : tokomisi.com

bahaya batuk rejan

Semoga herbal kami dapat menjadi asbab dari kesembuhan penyakit yang diderita

Dapatkan promo dari kami khusus hari ini

Pesan sekarang stok terbatas siapa cepat dia dapat!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Find Us

    Address
    123 Main Street
    New York, NY 10001

    Hours
    Monday—Friday: 9:00AM–5:00PM
    Saturday & Sunday: 11:00AM–3:00PM